Psst, Pandemi Masih Ada! Ikuti 4 Tips Liburan Berikut Agar Aman dan Nyaman

Share:
 
Tahun ini adalah tahun ketiga kita dilanda pandemi Covid-19. Walaupun sudah banyak yang vaksin dan kurva pasien Covid-19 mulai melandai, tetap saja virusnya masih ada di sekitar kita. Jadi wajar saja jika hingga saat ini masih banyak yang terkena Covid-19 dan masih mampu untuk menulari ke orang lain.

Meskipun pandemi masih ada, Anda tetap bisa liburan dengan aman, lho. Caranya dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Oh iya, jangan lupa sebelum masuk ke objek wisata apapun, selalu check in terlebih dahulu di Peduli Lindungi Anda, ya. 

Yuk, simak tipsnya!

Pastikan tubuh fit
Syarat paling penting dan paling wajib adalah kesehatan tubuh sendiri. Kondisi tubuh yang fit dan sehat tentu memiliki imun yang juga kuat. Jadi saat liburan nanti, Anda tidak mudah capek dan terserang penyakit dari virus yang ada di sekitar. Asupi tubuh dengan makanan yang sehat dan bernutrisi. Jangan lupa juga asupan air putih harus ditambah dan istirahat yang cukup agar bisa liburan dengan kondisi tubuh terbaik.

Pilih destinasi outdoor dan cenderung sepi
Destinasi wisata hadir dalam berbagai pilihan, mulai dari indoor seperti museum, hingga outdoor seperti desa wisata. Selama masa pandemi, sebaiknya pilih destinasi yang di luar ruangan saja agar udaranya bisa berputar bebas tanpa sesak. Pastikan juga lokasi tersebut cenderung sepi dari pengunjung supaya bisa berjaga jarak dengan nyaman dan tenang.

Tentukan waktu liburan di hari kerja
Pergi berlibur saat waktu libur panjang seperti hari raya atau tahun baru memang seru karena banyak objek wisata yang buka dan akomodasi pun banyak yang sedang sale. Namun di saat seperti itu biasanya sangat penuh oleh orang-orang yang juga ingin berlibur. Akibatnya, objek-objek wisata pun jadi sesak dan padat sehingga membuat liburan tidak nyaman. Sebaiknya jika memungkinkan, ambil cuti untuk berlibur di hari kerja karena cenderung lebih sepi dan nyaman. 

Protokol kesehatan wajib dipatuhi
Semua orang pasti paham apa saja protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pastikan stok masker Anda cukup selama liburan. Gunakan masker sekali pakai dan ganti setidaknya setelah 8 jam pemakaian. Lalu pastikan pula sudah ada sabun travel dan handsanitizer di dalam tas. Jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 70%. Namun jika memungkinkan adanya air mengalir, sebaiknya cuci tangan dengan sabun saja. Terkadang di beberapa tempat menyediakan wastafel namun isi sabunnya sudah habis. Jadi sebaiknya bawa sendiri saja dengan ukuran sabun dalam kemasan travel.

Siap liburan seru dan nyaman tanpa khawatir, kan?

Tidak ada komentar