Apa Itu Tanah Humus, Berikut Ciri-Cirinya

Share:

Tanah Humus merupakan salah satu jenis tanah yang sudah sering kali kita dengar, namun Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui apa itu tanah humus. Tanah Humus merupakan jenis tanah yang banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk menanam. Ini sebetulnya sebagai tanah yang sangat banyak diminati untuk pertanian, sangat pas untuk mereka yang memiliki tanah tersebut untuk media tanaman. 
Tanah Humus sendiri bisa terbentuk dengan baik, supaya bisa menjadi tanah humus, bahan-bahan organik seperti daun, ranting, dan rumput kering tentu saja harus melalui tahapan atau proses humufikasi. Proses humufikasi ini bisa saja terjadi secara alami dan buatan, seperti pengomposan.

Humufikasi bisa kita lihat dari kegiatan petani yang mencampurkan kotoran hewan dengan memakai tanah supaya tanaman pertanian bisa tumbuh subur. Selain itu, jerami yang dibakar pada area sawah kemudian abu dari pembakaran tersebut dicampur dengan menggunakan tanah persawahan juga merupakan contoh proses humufikasi.

Secara sederhana, humufikasi merupakan proses kimia untuk menyediakan unsur hara pada tanah yaitu dengan melalui penguraian bahan-bahan organik. Namun humufikasi yang terjadi secara alami bisa Anda lihat dari pembusukan daun-daun kering oleh mikroorganisme tanah. Hasil urai yaitu dari bahan organik tersebut akan meresap kedalam tanah sehingga ini akan membuat tanah menjadi subur.

Nah bagi Anda yang belum mengatahui ciri-ciri dari tanah humus, kita akan membahas mengenai beberapa ciri-ciri dari tanah humus tersebut.

Ciri-ciri Tanah Humus

Mempunyai Warna Gelap Pada Bagian Lapisan Tanah
Kalau kita ke perkebunan sering kali menemukan tanah yang memiliki warna gelap, ini biasanya ada pada bagian luar tanah. Nah inilah yang disebut dengan tanah humus yaitu terlihat sedikit lebih gelap dibandingkan dengan tanah biasanya, selain itu keberadaan dari tanah humus ini sendiri juga sangat mudah ditandai.  

Memiliki Daya Serap Yang Tinggi
Jika Anda menemukan tanah yang memiliki daya serap yang tinggi, maka itu menjadi salah satu tanda kalau itu merupakan tanah humus. Tanah ini mempunyai daya serap air yang cukup tinggi.

Unsur Yang Terbentuk Dari Bagian Tumbuhan Yang Membusuk
Tumbuhan yang membentuk tanah humus ini yaitu yang memiliki daun dan ranting yang sudah lama tertimbun, sehingga membuat tanah itu subur. Tanah humus terbentuk atas adanya timbunan ranting ataupun tumbuhan yang mati di tanah dan membusuk. Sehingga inilah yang bisa menjadikan tanah lebih subur. Seperti yang kita tahu bahwasannya tanah humus merupakan tanah yang sangat subur, sehingga tanah humus ini sangat baik untuk di manfaatkan untuk menanam tanaman apapun. 

Terletak Pada Lapisan Tanah Paling Atas
Karena terbentuk dari adanya pembusukan ranting serta dedaunan, maka ini membuat tanah tersebut dapat ditemukan pada bagian lapisan teratas dari tanah, walaupun begitu, tanah tersebut merupakan tanah yang subur yang sangat baik untuk kehidupan dan bisa menompang daya hidup tanaman menjadi lebih lama. 

Beguna Meningkatkan Kandungan Unsur Hara
Tanah humus merupakan tanah yang sangat bermanfaat, karena ada kandungan unsur hara. Maka dari itu biasanya tanah humus ini digunakan untuk menanam tanaman seperti tanaman hias, caranya dengan mencampurkan tanah biasa dengan tanah humus tersebut, sehingga unsur hara yang ada pada tanah tersebut bisa berubah dengan baik, sehingga membuat tanaman yang akan dihasilkanpun juga akan baik. 

Nah itulah apa itu tanah humus dan ciri-cirinya, tentu ini sangat bermanfaat untuk pengetahuan Anda.

Tidak ada komentar