Jangan Asal Pilih! Inilah Tips Mudah Memilih Broker Saham yang Tepat

Share:

Investasi saham kini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena jenis investasi ini memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan investasi lainnya. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai investasi saham agar mengurangi risiko kerugian. Salah satunya dengan memilih broker yang tepat. Istilah broker dalam dunia investasi saham mungkin sudah tidak asing lagi. Broker adalah perantara yang menangani transaksi saham antara seorang investor dengan pasar modal. Umumnya, tugas utama dari seorang broker adalah sebagai penghubung dalam jual beli saham pada pasar modal. Selain itu, broker juga bertugas untuk menyusun rekomendasi berdasarkan situasi ekonomi, analisis saham, hingga kinerja perusahaan. Penyusunan rekomendasi bertujuan untuk meminimalisir adanya kerugian saat seorang investor berinvestasi saham. Lantas bagaimana cara memilih broker saham yang tepat? Berikut tipsnya!


Periksa dan Pastikan Broker Memiliki Izin Lengkap

Tips pertama dalam memilih broker saham adalah Anda harus cermat dan bertindak dengan hati-hati. Salah satu cara terbaik untuk memastikan keamanan aset Anda dengan memastikan broker pilihan sudah terdaftar secara resmi sebagai anggota BEI (Bursa Efek Indonesia). Selain itu pastikan broker pilihan Anda sudah memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Cek Minimal Modal Awal Dan Besaran Fee Transaksi

Tips selanjutnya adalah perhatikan minimal awal yang harus dikeluarkan saat memilih broker saham. Umumnya biaya modal awal sangat beragam tergantung dari kebijakan setiap broker saham, mulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 50 juta. Pilih broker saham yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan untuk mengetahui ada fee transaksi atau komisi. Biasanya setiap broker akan mengenakan biaya transaksi baik dalam proses membeli atau menjual saham. Komisi ini bervariasi antara 0,1-0,3% tiap kali Anda melakukan transaksi saham.


Cek Rekam Jejak

Dalam memilih broker saham sangat penting untuk mengetahui riwayat history dari broker tersebut. Pilihlah broker saham yang memiliki history yang baik. Selain itu, pastikan untuk menggali informasi apakah broker tersebut pernah melakukan penipuan kepada investornya atau tidak. Jadi, jangan sampai Anda memilih broker tanpa mengetahui track recordnya.

Baca Juga: Cara Memilih Aplikasi Nabung Saham Tepercaya

Memberikan analisis dan rekomendasi yang baik 

Perlu diingat dalam berinvestasi tentu berdampingan dengan risiko yang besar. Bahkan tidak ada yang bisa menjamin bahwa nilai aset akan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya untuk memilih broker yang dapat memberikan analisis dan rekomendasi mengenai pergerakan saham yang tepat dan akurat sesuai dengan profil risiko Anda.

Cek Fasilitas yang Ditawarkan

Tips terakhir adalah mengetahui fasilitas yang ditawarkan oleh broker saham yang Anda pilih. Broker yang memberikan pelayanan terbaik tentu menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kemudahan dalam berinvestasi. Jadi, pastikan untuk memilih broker yang memiliki fasilitas terlengkap seperti menyediakan aplikasi investasi yang mudah digunakan untuk investasi saham.

Jadi, itulah beberapa tips memilih broker saham yang tepat. Jangan sampai Anda salah pilih ya! Semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar