Apa Saja Jenis Pembayaran Digital ?

Share:

payment gateway


Di era globalisasi ini, tentunya teknologi yang ada semakin berkembang. Kecanggihan teknologi yang ada ini juga memberikan kemudahan dalam hal transaksi jual beli. Bahkan proses pembayaran secara digital ini sering dikenal dengan istilah digital payment. Jenis pembayaran digital ini juga berbagai macam, bahkan sistem ini juga dapat menghindarkan anda dari tindakan kejahatan.

Selain itu banyak orang memilih menggunakan pembayaran digital. Karena banyaknya penawaran berupa diskon atau cashback, undian berhadiah, promo hingga bonus. Nah berikut terdapat beberapa jenis pembayaran digital payment apa saja yang popular di Indonesia :


1. Credit Card

Credit card ini merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut dapat memudahkan anda belanja apa saja dengan jangkauan yang lebih luas, baik di dalam negeri atau di luar negeri. Selain itu, belanja dengan credit card ini memberikan keuntungan yaitu anda tidak perlu langsung membayar tagihan belanjaan di waktu yang sama.


Wajib baca : Payment Gateway, Pilihan Tepat Pembayaran Digital yang Menguntungkan


2. Mobile Banking

Jenis pembayaran digital berikutnya yaitu menggunakan mobile banking, langkah awal dalam aktivasi Mobile Banking dengan datang langsung ke cabang bank terdekat. Sebelumnya anda bisa mengunduh dan mendownload aplikasi Mobile Banking dari bank tempat kamu menabung, lalu ikuti prosesnya.


3. Internet Banking

Jika mobile banking ini hanya digunakan melalui smartphone anda, internet banking ini bisa diakses melalui berbagai perangkat. Cara mengaktifkan layanan ini yaitu dengan mengurusnya ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan, kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Untuk dapat melakukannya proses transaksi ini memerlukan sebuah token. 


Yuk baca juga : Website vs Marketplace, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


4.  Virtual Account

Virtual Account merupakan sebuah rekening buatan yang tidak benar-benar nyata atau virtual. Jenis pembayaran digital ini terdapat akun ID pelanggan yang dibuat Bank, pembuatannya juga bisa dilakukan sesuai permintaan perusahaan. Adanya virtual account, konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Bayaran tersebut juga dapat disesuaikan dengan nominal pada invoice tagihan ke nomor virtual account milik Anda.


Tidak ada komentar