Bagi yang Belum Tahu, Ini Dia Komponen yang Diperlukan Panel Surya

Share:


Surya panel adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh masyarakat saat ini. Sebab, permintaan listrik semakin tinggi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba surya panel. Apa itu surya panel? Surya panel adalah suatu komponen yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Oleh karena itu, tidak jarang saat ini orang-orang banyak sekali mencoba untuk pasang solar panel untuk mewujudkan hal tersebut.

Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan pemakaian energi terbarukan, salah satunya adalah solar panel. Terlebih, meningkatnya pemakaian tenaga surya dikarenakan energi listrik dan sinar matahari juga tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan efek rumah kaca, serta tidak mencemari udara dan air. Energi listrik dari tenaga surya juga bisa menjadi sumber energi listrik cadangan yang bemanfaat saat aliran listrik utama padam.

Kira-kira apa saja sih komponen dari panel surya yang bisa menghasilkan energi listrik?

1. Photovoltaic modul
Photovoltaic Modul atau modul surya merupakan perangkat semikonduktor dan mengubah energi matahari menjadi energi listrik. 

Ada dua jenis photovoltaic modul yang umum digunakan yakni monokristalin dan polikristalin. Keduanya, memiliki efisiensi konversi rata-rata sekitar 10-12%. 

Selain itu, ada pula Hybrid Silicon PV Modul dengan sensitivitas yang lebih baik dan memiliki efisiensi konversi paling tinggi sekitar 16%. Dalam memilih panel surya, pilihlah yang berkualitas agar lebih tahan lama dan menghasilkan konversi yang optimal.

2. Controller
Controller merupakan alat kontrol yang berfungsi mengatur tegangan dan arus yang dikeluarkan oleh photovoltaic modul. Controller juga berguna untuk mencegah battery agar tidak overload melalui proses discharge. Dalam penggunaan controller, satuan tegangan (Volt) dan kuat arus (Ampere) menjadi dua hal yang perlu diperhatikan saat proses charging daya battery.

Jika kamu ingin memasang surya panel, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada perusahaan yang berpengalaman dalam kelistrikan.

Sewatama menyediakan jasa pemasangan solar panel untuk kebutuhan industri ataupun rumah kamu.

Tidak ada komentar