Pesan Tiket Kereta Api? Simak Ulasan Berikut

Share:

Kereta api memang merupakan salah satu transportasi yang banyak dijadikan pilihan untuk bepergian jauh. Pasalnya menggunakan kereta api tergolong lebih cepat dan bebas dari macet. Selain itu fasilitas nyaman yang diberikan kereta api juga membuat kita betah saat perjalanan. Harga tiket kereta api yang murah juga menjadi salah satu faktor mengapa kereta api banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang ingin memesan kereta api, Anda dapat memesannya secara offline maupun secara online. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan beberapa penyedia layanan tiket kereta api online untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Blibli.com menawarkan promo tiket kereta api yang tentunya sangat menarik bagi Anda yang ingin bepergian jauh. Namun sebelum Anda memesan tiket kereta api, simak dulu beberapa tips berikut:

1. Tentukan tanggal keberangkatan
Menentukan tanggal keberangkatan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan untuk melanjutkan tips berikut. Pasalnya dengan menentukan tanggal keberangkatan Anda bisa dengan lebih mudah dalam mencari tiket kereta serta promonya. Dengan mengetahui jadwal keberangkatan, maka Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda sedang pergi pada saat peak season atau low season. Jika Anda ingin harga tiket yang lebih murah, Anda dapat memilih waktu keberangkatan pada low season, sebab pada waktu tersebut biasanya akan ada banyak promo yang diberikan untuk tiket kereta.

2. Pesan tiket sejak jauh hari
Untuk mendapatkan tiket kereta api seperti yang Anda inginkan, pastikan Anda memesannya selama jauh-jauh hari. Perlu diketahui bahwa tiket sudah dijual oleh PT KAI sekitar 4 bulan sebelum tanggal perjalanan. Nah bagi Anda yang sudah memiliki rencanan bepergian sejak jauh-jauh hari, maka Anda dapat segera memesannya. Mengapa harus pesan jauh hari? Sebab jika Anda memesan tiket ketika sudah mendekati tanggal keberangkatan, biasanya harga tiket akan naik, selain itu kemungkinan juga Anda tidak mendapatkan kursi karena tiket telah terjual habis. 

3. Manfaatkan situs beli tiket kereta api online
Situs-situs booking tiket online seperti blibli.com biasanya menawarkan banyak promo yang menarik. Dalam hal ini Anda dapat secara rajin mengecek situs booking online pilihan Anda secara berkala guna mengetahui promo yang sedang berlaku. Dengan demikian Anda berkesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. 

4. Pesan tiket di blibli.com
Bagi Anda yang menginginkan pesan tiket dengan mudah, Anda dapat memesan tiket melalui blibli.com. Dalam hal ini terdapat beberapa langkah untuk memesan tiket kereta. Adapun langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke halaman blibli.com entah itu melalui website yakni dengan cara mengakses https://www.blibli.com/travel/tiket-kereta-api, atau secara langsung dengan menginstal aplikasi blibli melalui playstore untuk android dan appstore untuk iOS. 
  • Setelah masuk ke halaman utama blibli, klik tab “kereta” yang terletak di bawah gambar-gambar promo yang ditawarkan oleh blibli.com. Setelah Anda melakukan klik, secara otomatis akan dialihkan ke website blibli travel. 
  • Jangan lupa masuk ke akun blibli Anda. Jika Anda belum punya akun, Anda wajib membuatnya terlebih dahulu agar bisa melakukan pembelian tiket kereta api. 
  • Setelah masuk ke halaman “Kereta” maka akan ada beberapa kolom yang harus Anda isi mulai dari kota keberangkatan dan tujuan, tanggal pergi, tanggal pulang, serta jumlah penumpang. Kemudian klik “cari”.
  • Setelah itu Anda dapat memilih jadwal kereta dengan klik “pilih pergi”.
  • Isi data pemesanan kemudian klik “lanjut isi data penumpang”.
  • Isikan data penumpang kemudian klik “lanjut”.
  • Pilih metode pembayaran, kemudian klik “bayar sekarang” dan Anda akan diarahkan untuk menyelesaikan pembayaran.
  • Setelah pembayaran tiket kereta api selesai, biasanya Anda akan diberikan bukti pemesanan tiket. 

Tidak ada komentar