Tips Menghadapi Ujian Untuk Mahasiswa Baru, Agar Hasil Ujian lebih Maksimal

Share:

Ujian menjadi salah satu momen yang cukup menegangkan, baik untuk mahasiswa reguler maupun kelas karyawan. Pada jenjang perkuliahan, kegiatan ujian harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh jika tidak ingin mengulangi kelas sama di tahun berikutnya. 
sumber gambar: pixabay

Tidak seperti masa sekolah yang menerapkan sistem remedial, di jenjang perkuliahan tidak ada sistem satu ini (tergantung kebijakan dosen). Jika nilai ujian tidak memuaskan (katakanlah C), maka mahasiswa harus mencari cara sendiri agar nilai tersebut tidak mempengaruhi IPK nantinya.

Agar mendapatkan hasil maksimal ketika ujian, berikut ini ada beberapa tips untuk mahasiswa:

Pahami Karakter Dosen
Tips pertama untuk mahasiswa baru agar bisa sukses dalam menghadapi ujian adalah pahami karakter dosen terlebih dahulu. Mungkin masih banyak yang bingung, apa hubungannya memahami karakter  dosen dengan kesuksesan saat ujian? Dalam dunia perkuliahan, dosen memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan nilai dan hasil dari mata kuliah selain dari kemampuan diri sendiri. 

Masing-masing dosen memiliki karakter yang berbeda-beda dan inilah yang harus dipahami oleh mahasiswa. Misalnya saja ada dosen yang memiliki karakter teks book, maka saat ujian usahakan sebisa mungkin menjawab soal dengan sedetail dan semirip mungkin dengan apa yang ada di buku.

Pelajari Silabus 
Baik yang mengikuti kuliah kelas karyawan maupun reguler, mempelajari silabus sangat penting untuk menghadapi ujian. Pada masa awal perkuliahan, dosen biasanya akan memberikan silabus yang berisi  materi apa saja yang akan dipelajari selama masa perkuliahan berlangsung. Untuk itu, menjelang masa ujian, penting sekali bagi mahasiswa untuk mempelajari kembali silabus yang telah diberikan dosen sebagai acuan untuk mempermudah proses belajar.

Dalam perkuliahan, silabus bisa diibaratkan sebagai peta yang akan menuntun mahasiswa untuk mencapai kesuksesan dalam belajar. Maka dari itu jika ingin nilai ujian bagus pastikan semua materi yang ada di silabus telah dikuasai dengan matang sehingga ketika dosen mengajukan pertanyaan mahasiswa bisa menjawabnya.

Siapkan Mental dan Materi Ujian dengan Matang
Agar ujian bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil maksimal, pastikan juga siapkan materi ujian dengan baik. Sebelum ujian dimulai, usahakan untuk lebih banyak membaca materi perkuliahan terutama catatan penting yang diberikan oleh dosen. Untuk itu, biasakan mencatat hal-hal penting yang diberikan oleh dosen, karena akan sangat membantu ketika masa ujian datang.

Selain mempersiapkan materi ujian, penting juga bagi mahasiswa baru untuk menyiapkan mental. Kebanyakan mahasiswa yang baru pertama kali menghadapi ujian biasanya didera kecemasan berlebih. Untuk menghadapi kekhawatiran tersebut, perbanyak  berdiskusi dengan teman sekelas sehingga ketika ada kesulitan bisa diselesaikan bersama-sama.

Siapkan Jadwal Belajar Intensif
Memasuki masa ujian, ada baiknya jadwal belajar lebih diperbanyak dan lebih diintensifkan terlebih bagi yang mengambil kelas karyawan. Anda bisa memulai membaca materi dari awal perkuliahan sampai materi terakhir dan mengulangnya secara terus menerus sampai benar-benar menguasai semua materi yang telah diberikan oleh dosen.

Untuk memudahkan proses belajar, pisahkan mana materi yang telah dikuasai dan mana materi yang belum dikuasai. Intensifkan mempelajari materi yang belum terlalu dipahami dengan lebih sering membaca catatan dan silabus yang diberikan oleh dosen. 

Jika diperlukan tidak ada salahnya juga berlatih menjawab pertanyaan dari soal ujian tahun sebelumnya. Semakin banyak berlatih, maka akan semakin mudah pula menguasai materi perkuliahan dan akan memudahkan anda saat menghadapi ujian nantinya.

Membuat Belajar Kelompok
Dalam masa perkuliahan terutama bagi mahasiswa baru, teman juga bisa menentukan nasib saat menjalani perkuliahan. Dengan memiliki banyak teman, akan lebih mudah beradaptasi dengan aktivitas perkuliahan termasuk juga dalam menghadapi ujian. Maka dari itu jangan ragu untuk mengajak belajar kelompok terutama jika belum begitu menguasai materi yang akan diujikan.

Belajar kelompok sebelum menghadapi ujian memiliki banyak manfaat. Salah satunya membantu mahasiswa untuk bisa memahami materi perkuliahan secara lebih matang. Pasalnya jika salah satu mahasiswa belum paham, bisa bertanya kepada teman lainnya untuk membantu mencari jawaban dan memahami materi perkuliahan secara bersama-sama.

Jangan Lupa Berdoa
Mahasiswa kuliah kelas karyawan maupun reguler harus menerapkan tips satu ini, salah satu tips ampuh kelancaran saat ujian. Kesuksesan saat ujian, tidak hanya ditentukan oleh seberapa keras anda belajar. Akan tetapi usaha keras yang dilakukan pastinya juga harus dibarengi dengan berdoa. 

Selain untuk menambah kekuatan, berdoa sebelum ujian juga akan membuat hati menjadi lebih tenang sehingga bisa mengerjakan dengan maksimal. Maka dari itu pastikan sebelum mengerjakan soal ujian, berdoalah terlebih dahulu agar dimudahkan oleh Tuhan.

Selain dengan berdoa sendiri, meminta restu dari orang tua juga akan mempermudah jalan kesuksesan saat ujian. Seperti yang diketahui, doa orang tua merupakan doa yang paling mudah dikabulkan sehingga jika ingin lancar dalam ujian, jangan lupa untuk meminta restu kepada orang tua baik secara langsung ataupun melalui pesan atau telepon.

Berbagai tips di atas akan sangat membantu dalam menghadapi ujian, tentunya intensitas belajar menjadi salah satu faktor kesuksesan menghadapi ujian saat jenjang perkuliahan. Bagi yang mengikuti kelas karyawan, tentunya memiliki jadwal yang lebih ketat dibandingkan mahasiswa reguler. 

Oleh karenanya, pengaturan waktu harus lebih dioptimalkan menjelang masa-masa ujian di kampus. Anda bisa menyisihkan waktu istirahat untuk belajar, sekitar 10 sampai 20 menit. Kemudian kegiatan belajar bisa dilanjutkan pada malam harinya, sebelum tidur dan sehabis sholat subuh sebelum berangkat kerja.

Tidak ada komentar