Kenali Tanda-tanda Melahirkan Berikut Agar Persalinan Bisa Berlangsung Normal

Share:

Bagi bumil yang sudah memasuki bulan akhir masa kehamilan, tentunya sudah harus mulai bersiap dalam menghadapi persalinan bukan. Ini adalah kondisi yang memang akan mempertemukan Anda dengan buah hati nantinya, juga termasuk masa yang cukup menegangkan bukan, apalagi bagi mereka yang memang baru pertama kali mengalami masa kehamilan, bisa jadi nantinya akan terjadi perubahan yang cukup besar dalam diri Anda. Untuk itu harus mengenali tanda-tanda melahirkanagar nantinya bisa bersiap untuk kelahiran secara normal.
 
Memang pada dasarnya sangat sulit untuk mengetahui waktu yang tepat kapan nantinya harus melahirkan, karena tidak ada yang pasti, biasanya bidan atau dokter hanya akan memberikan perkiraan rentan waktu HPL. Sehingga Anda lah yang harus lebih aktif di dalam mengenali tanda-tandanya sendiri, sehingga nantinya bentuk pertolongan yang dilakukan tersebut juga tidak akan terlambat pada buah hati.
 
Berikut ini diantara tanda-tanda melahirkan normal yang hendaknya harus diketahui, apalagi untuk para bumil, yaitu:
 
  1. Posisi bayi sudah mulai berubah, dari yang dulunya bagian kepada ada di atas, lama kelamaan nantinya akan berputar ke bawah tempat dimana nantinya ia akan keluar, karena secara normal bayi akan keluar bagian kepalanya terlebih dahulu. Sehingga jika sudah mulai dirasakan bahwa posisi bayi yang ada dalam kandungan tersebut telah berubah, maka ini menjadi sebuah pertanda mereka akan segera lahir.
  2. Leher rahim juga sudah mulai terbuka, ketika Anda akan menghadapi masa persalinan, maka nantinya serviks juga akan melebar dan juga menipis, sudah siap sebagai tempat atau memberikan jalan keluar bagi buah hati agar nantinya bisa lahir ke dunia dengan selamat, pelebaran pada serviks ini berlangsung secara cepat.
  3. Kram perut,, menghadapi masa persalinan maka nantinya bumil juga akan mengalami kram pada perut. Disertai dengan rasa nyeri pada bagian punggung, hal ini disebabkan karena memang otot sendi tersebut mulai meregang atau bergeser, sehingga ada rasa sakit yang disebabkannya.
  4. Mengalami masalah pencernaan, seperti diantaranya adalah diare, mual bahkan juga muntah. Hal ini disebabkan karena hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk mempermudah persalinan tersebut merangsang usus agar lebih aktif. Bahkan selama persalinan berlangsung nantinya Anda mungkin akan merasakan dorongan kuat untuk buang air besar.
  5. Ada perubahan energi pada tubuh, sehingga terkadang sistem pencernaan juga menjadi semakin tidak baik atau berantakan, menyebabkan bumil juga akan kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.
  6. Terjadinya perubahan mood, kondisi lainnya yang juga akan dialami oleh wanita memasuki masa melahirkan adalah perubahan yang terjadi pada suasana hati, kadang turun dan juga naik, sehingga berhubungan dengan peningkatan energi juga.
  7. Keluarnya lendir dari vagina, seperti mengalami keputihan padahal sebenarnya tidak, ini adalah sebuah cairan yang berfungsi untuk membuka jalan lahir buah hati Anda , teksturnya kental umumnya memiliki warna yang putih bening atau bahkan disertai dengan merah darah yang menjadi tanda sudah siap melahirkan.
  8. Kontraksi dengan pola yang tidak teratur, artinya kontraksi ini semakin lama semakin kuat dan terkadang terasa, namun kadang hilang. Memasuki pembukaan akan terasa semakin kuat.
 
Jika sudah mulai merasakan tanda-tanda melahirkan ini sebaiknya mulai mempersiapkan perbekalan yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit, kemudian Anda bisa segera datang ke tempat bersalin yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Tidak ada komentar