Cara Tepat Atasi Muntah Pada Anak

Share:

Mempunyai buah hati yang sehat merupakan salah satu keinginan setiap orang tua, itu dibuktikan dengan dukungan pemberian asupan nutrisi yang baik, tepat dan tentunya sesuai dengan kebutuhan tubuh si kecil. Tetapi sebesar apapun usaha yang dilakukan oleh orang tua untuk membuat anaknya tetap sehat, ada saja masalah kesehatan muncul. Salah satunya anak yang mengalami muntah atau mual secara berlebihan. Meskipun memang pada dasarnya muntah pada anak yang terjadi setiap harinya itu bisa dikatakan normal. Kemungkinan bisa kelebihan makanan ataupun yang lain, tetapi jika hal tersebut berlebihan tentu akan berbahaya.

Dipasaran sendiri sudah mudah ditemukan obat mual muntah yang aman buat anak secara umum. Tetapi sebagai orang tua sering sekali khawatir ketika akan memberikan obat kepada buah hati tanpa resep jelas dari dokter. Bukan hanya karena kurang paham akan khasiat dari obat tersebut, tetapi juga efek samping yang bisa muncul dari penggunaan obat tersebut. Sebelum mengetahui obat apa saja yang dapat Anda gunakan, perlu paham terlebih dahulu beberapa penyebab muntah pada anak seperti:

1. Muntah terjadi karena adanya infeksi pencernaan atau bisa dikatakan flu perut, ini bisa dikatakan salah satu tanda awal munculnya masalah diare pada anak. Selain itu disertai juga dengan demam tinggi, nyeri dan lainnya.
2. Lalu penyebab muntah pada anak dan penanganannya yang tepat selanjutnya saat tidak sengaja menelan racun. Tentu ini sangat berbahaya, pastikan anak langsung konsumsi air mineral yang cukup banyak dan konsultasikan.
3. Bisa juga karena alergi makanan, ini bisa muncul dengan disertai ruam atau kulit memerah, gatal dan lainnya.
4. Lalu penyebab yang selanjutnya adalah terjadinya usus buntu, ini akan semakin parah ketika orang tua tidak paham.

Nah, itulah beberapa penyebab paling umum pada anak yang mengalami muntah secara berlebih setiap harinya. Yang paling utama saat anak mengalami masalah tersebut adalah orang tua tetap sigap dan selalu siapkan air yang cukup untuk menghindari dehidrasi pada anak. Bisa juga memberikan cairan oralit, jika khawatir bisa langsung konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli dibidangnya.

Tidak ada komentar