Shampo dan Perawatan Rambut yang Tepat untuk Rambut Kering

Share:

Memiliki rambut kering sering membuat banyak wanita merasa tidak nyaman. Hal ini karena rambut jenis ini membutuhkan perawatan ekstra. Bukanlah hal yang mudah untuk menjaga kelembapan rambut pada rambut jenis ini. Selain itu, rambut kering juga rentan mengalami berbagai masalah rambut. Oleh sebab itu, dibutuhkan shampo untuk rambut kering yang berkualitas untuk mengatasinya.

Ciri-Ciri Rambut Kering
Seperti apa rambut kering itu? Rambut kering memiliki beberapa ciri khusus. Berikut ini beberapa ciri rambut kering yang dapat dengan mudah terlihat.

1. Rambut bercabang
Rambut kering biasanya bercabang pada ujungnya. Kondisi ini terjadi karena kurangnya minyak alami pada rambut sehingga batang rambut mudah pecah serta bercabang.

2. Rambut kusam dan kusut
Rambut kering biasanya nampak kusam. Kilau rambut ini hilang bersama dengan hilangnya kelembapan rambut. Selain kusam, rambut jenis ini juga biasanya sulit diatur atau mudah kusut. Sehingga, anda akan sering mengalami bad hair day.

3. Rambut mudah patah dan rontok
Rambut kering biasanya tidak hanya kekurangan minyak alami namun juga kekurangan nutrisi. Oleh karenanya, rambut kering juga merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Produk Perawatan Rambut Kering
Salah satu produk perawatan rambut mendasar adalah shampo. Menggunakan shampo yang tepat dapat memberi perbedaan pada kondisi rambut anda. Untuk jenis rambut ini, sebaiknya pilih shampo untuk rambut kering yang bebas detergen atau sulfat. 

Sulfat pada shampo menyebabkan rambut kering dengan cara mengikis minyak alami yang melembapkan rambut. Shampo bebas sulfat biasanya tidak memiliki busa yang banyak. Sehingga, anda perlu memijat kepala dan rambut lebih lama agar semua kotoran hilang.

Selain perawatan menggunakan shampo, anda juga harus rutin memakai kondisioner khusus untuk rambut kering. Kondisioner akan melembakan rambut anda serta membuatnya menjadi lebih mudah diatur. 

Menggunakan masker untuk rambut kering seminggu sekali juga sangat dianjurkan jika anda memiliki rambut kering. Produk ini dapat memberi nutrisi dan mengunci kelembapan rambut dengan cukup baik. Sehingga, rambut anda menjadi sehat dan nampak indah.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda harus mengimbangi perawatan luar tersebut dengan perawatan dari dalam. Buah, sayur, dan makanan yang tinggi protein dapat membuat rambut anda sehat, kuat, dan berkilau.

Tidak ada komentar