Air Terjun Lider Banyuwangi Yang Indah Mempesona

Share:

Air Terjun Lider Banyuwangi. (foto: viva.co.id)
Air terjun adalah aliran air yang terbentuk ketika aliran air jatuh dari tempat yang tinggi. Aliran air yang jatuh akan menggerus dasar sungai hingga membentuk cekungan menyerupai kolam di bawahnya.

Air terjun lider merupakan air terjun terbaik dan tertinggi di banyuwangi, tumpahan air terjun lider memiliki terjunan air setinggi 60 meter diatas permukaan laut dan berasal dari mata air pegunungan.

Air terjun lider terletak di dusun sragi, desa sumber arum, kecamatan songgon banyuwangi. Nama air terjun lider di berikan karna lokasinya berada di hutan lindung petak 74, blok lider di lereng timur gunung raung di kawasan resort pemangkuan hutan, banyuwangi barat.

Pesona wisata air terjun ini adalah pada dinding tebing dua jurang yang menghempit air terjun, dinding tebing dua jurang berupa batu-batu besar yang berdimensi rata. Pada waktu pagi hari saat matahari terbit sinar matahari mulai merambat terbias oleh butiran-butiran air yang memercik dari air terjun sehingga membias menjadi pelangi.

Untuk menuju ke lokasi liburan air terjun lider jalan yang di lalui cukup menantang dengan melewati beberapa tebing curam menyeberangi sungai dan menembus hutan lindung yang masih terjaga kelestariannya. Hamparan hutan pinus sepanjang 5km akan menyapa para pengunjung dan juga terdapat tanaman tebu dan kopi yang menghampar di sepanjang perjalanan.

Jalur lain juga bisa ditempuh dengan melewati jalur jambewangi menuju desa sumber arum sejauh 7 km jalannya memang sudah rusak apalagi kalau musim hujan sangat becek. Perjalanan di awali dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju kecamatan sempu setelah itu dilanjutkan menuju desa songgon sejauh 10km, pengunjung bisa berjalan kaki atau ngojek sambil menikmati paranoma alam perkebunan cengkeh hingga menuju batas akhir perkebunan cengkeh dimana terdapat jalan masuk menuju ke air terjun. Perjuangan berat anda dari Perjalanan menuju medan sulit akan terbayar dengan keindahannya setelah tiba di lokasi air terjun.

Nah, tunggu apa lagi ayo telusuri tempat wisata Air Terjun Lider Banyuwangi Yang Indah Dan mempesona pastinya tidak akan membuat anda bosan dengan pesona keindahan alam ini.

Tidak ada komentar