Tidak Cukup Dicuci Biasa, Inilah 3 Cara Menjaga Botol Susu Bayi Tetap Steril

Share:

Untuk menjaga kesehatan anak, maka botol bayi tidak cukup hanya bersih saja. Anda juga harus memastikan botol tersebut steril untuk digunakan kembali. Botol susu yang tidak steril akan menimbulkan jejak bekas susu di bagian dalam botol. Jika dibiarkan, bekas susu ini akan menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri yang tentunya sangat berbahaya bagi bayi.

Lalu bagaimana cara mencuci botol bayi yang benar agar tetap berada pada kondisi steril? Berikut ulasannya.

Menggunakan sabun khusus
Agar botol selalu berada pada kondisi steril, maka Anda bisa menggunakan sabun khusus cuci botol yang diperuntukkan bagi peralatan bayi. Sabun ini biasanya sudah mengandung berbagai formula dan bahan-bahan yang aman digunakan.

Cara membersihkan botol dengan sabun cuci botol bayi sangatlah mudah. Anda hanya perlu memisahkan seluruh bagian botol dan menyikatnya dengan sabun. Setelah itu cuci seluruh bagian di bawah air mengalir dan keringkan.

Rebus seluruh bagian botol dengan suhu tinggi
Salah satu teknik untuk menjaga keterilan bagian botol adalah dengan merebusnya dengan air bersuhu tinggi. Kuman dan bakteri yang masih menempel pada bagian botol susu akan mati ketika sudah berada pada suhu tinggi. 

Cara perebusannya cukup mudah, Anda hanya perlu melepas seluruh bagian botol dan rendam di dalam panci besar yang terisi air. Setelah itu nyalakan kompor dan biarkan hingga air mendidih selama 5 menit. Setelah mendidih matikan kompor dan angkat seluruh bagian botol. 

Menggunakan bahan kimia
Beberapa jenis bahan kimia dapat digunakan untuk mensterilkan bagian botol. Salah satunya adlah dengan menggunakan alkohol. Caranya juga sangatlah mudah. Pertama cuci botol di bawah air mengalir,lalu bersihkan seluruh bagian botol dengan alkohol. Anda bisa menggunakan kapas atau tisu untuk membersihkannya.

Untuk menjaga botol tetap berada pada kondisi steril tidaklah sulit. Jika Anda kesulitan dalam menentukan sabun khusus yang aman digunakan untuk mencuci botol bayi, maka Sleek Baby dapat menjadi pilihannya.

Mengandung berbagai formula yang aman, tanpa pewangi, pewarna, serta bahan-bahan kimia lainnya, menjadikan produk bayi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dan perlengkapan bayi seperti botol susu.

Tidak ada komentar