Pelesiran ke Malang, Jangan Lewatkan 5 Tempat Wisata Tersembunyi Ini

Share:

Keindahan alam Malang seakan tidak ada habisnya. Mulai dari kota hingga pelosok desa, menawarkan tempat wisata memesona. Bahkan, wilayah di Malang yang jarang dijamah manusia pun menyuguhkan panorama indah tiada tara. Khususnya lima tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Licin

Pantai Licin (Sumber: regiontourism.blogspot.com)

Pantai Licin berlokasi di perbatasan Malang dan Lumajang, tepatnya di Kecamatan Ampelgading. Kawasan ini merupakan objek wisata baru di Malang dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu, Pantai Licin menawarkan keunikan yang tidak dimiliki pantai lain. 

Salah satu keunikan Pantai Licin, yaitu pasirnya berwarna hitam. Perubahan warna pasir—dulunya putih—ini disebabkan oleh letusan Gunung Semeru. Konon, dampak erupsi Gunung Semeru mencapai aliran Sungai Glidik. Muaranya berada di sebelah timur Pantai Licin. Kemudian, pasir letusan vulkanik tersebut terbawa ke laut.  

Derasnya ombak lantas membawa pasir kembali ke pantai. Karena itulah, pasir di Pantai Licin lambat laun menghitam. Selain pasir hitam, Pantai Licin juga menjadi habitat bagi satwa liar dan beberapa jenis tumbuhan. Di dekat tempat tersebut, tampak batu-batu karang yang tinggi menjulang. Karang ini tidak memiliki pola, tetapi terlihat eksotis dari kejauhan.

2. Pantai Banyu Anjlok

Terletak di Sumbermanjing Wetan, Pantai Banyu Anjlok dikelilingi deretan pantai yang punya panorama menawan. Untuk menuju Pantai Banyu Anjlok, Anda bisa melewati Pantai Lenggoksono. Dari sini, pengunjung harus naik perahu ke Pantai Banyu Anjlok.

Pantai Banyu Anjlok menghadap langsung ke Samudera Hindia. Meski begitu, arus dan debur ombaknya terbilang tenang. Daya tarik utama pantai ini adalah air terjunnya. Bisa dikatakan, Pantai Banyu Anjlok merupakan satu-satunya tempat yang menawarkan panorama laut dan air terjun dalam satu kawasan.

3. Coban Ciblungan

Anda ingin melihat empat air terjun dalam satu kawasan? Kunjungi Coban Ciblungan yang terletak di Desa Sidorenggo, Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke tempat ini, Anda harus melewati trek dengan berjalan kaki sekitar 50 meter dari pintu masuk Coban Ciblungan.

Coban Ciblungan memiliki aliran air cukup deras dari atas bukit dan dalam tanah. Air tersebut jatuh ke kolam yang jernih. Di sekitar kolam ini, terdapat bebatuan besar dan tumbuhan hijau nan rimbun.

4. Coban Gintung

Kecamatan Ampelgading tidak hanya memiliki Coban Ciblungan, tetapi juga Coban Gintung dengan Goa Naga Gintung di balik aliran airnya. Konon, gua tersebut sudah ada sejak jutaan tahun silam, tepatnya pada masa purbakala. Menurut keterangan warga setempat, Goa Naga Gintung kini menjadi habitat kelelawar.

Terlepas dari misteri Goa Naga Gintung, aliran air terjun di kawasan ini tampak memukau. Aliran tersebut jatuh ke sebuah kolam sempit yang airnya terlihat jernih dan segar. Sebagai penunjang, di sekitar wilayah ini disediakan toilet umum, warung makan, dan lokasi parkir.

5. Pantai Kondang Buntung

 Pantai Kondang Buntung (Sumber: kelilingdunia889.blogspot.com)

Pantai Kondang Buntung dikenal sebagai Sungai Amazonnya Kota Malang. Pasalnya, kawasan ini menawarkan wisata muara sungai di sekitar pantai yang dikelilingi hutan belantara. Anda bisa menyusuri sungai menggunakan perahu. 

Biaya menyewa perahu ini sekitar Rp25.000 untuk satu kali keliling di area belantara mangrove. Jika sudah puas menjelajahi hutan bakau, nikmati panorama indah dari Pantai Kondang Buntung yang berpasir putih.

Itulah lima tempat wisata tersembunyi di sekitar Kota Malang yang bisa menjadi referensi destinasi liburan. Supaya perjalanan menuju Malang semakin nyaman, pastikan Anda sudah memesan tiket pesawat ke Malang mulai sekarang. Anda bisa booking tiket pesawat Sriwijaya melalui Airy yang terjamin aman dan bebas penipuan. Jika Anda mengalami kendala dalam perjalanan, aplikasi ini menyediakan fasilitas refund dan reschedule yang mudah. 

Tidak ada komentar