Mengetahui Gejala Dan Cara Mengendalikan Rinitis Alergi

Share:

Pernahkan Anda mendengar rinitis alergi ? Kalau belum tahu yuk kita bahas Bersama-sama disini. Rinitis merupakan sebagai sebuah peradangan atau iritasi yang menyerang pada membrane mukosa yang berada di dalam hidung. Namun pada dasarnya peradangan tersebut dibagi menjadi 2 yaitu ada rhinitis alergi dan rhinitis non alergi. Perbedaan dari kedua kondisi ini terletak pada penyebab munculnya gejala.

Biasanya kalau rinitis alergi, gejala tersebut muncul akibat adanya serangan yang di sebabkan dari unsur luar tubuh yaitu seperti debu, kelupasan kulit hewan, atau pada serbuk sari. Biasanya dalam hal ini zat-zat tersebut menyebabkan seseorang dapat mengalami alergi dan adanya memunculkan gejala tertentu. Kamudian ada pada rinitis nonalergi, gejala muncul bukan karena adanya alergi. Namun karena adanya kondisi yang  bisa terjadi karena adanya infeksi yang ada pada dari virus atau bakteri tertentu.

Gejala Rintis Alergi dan Cara Menyembuhkannya

Rinitis alergi merupakan sebagai salah satu kondisi yang terjadi karena adanya peradangan yang terjadi di dalam rongga hidung akibat dari terjadinya alergi. Dalam hal ini terdapat beberapa gejala yang sering kali muncul pada saat seseorang sedang mengalami alergi tersebut yaitu mulai dari bersin-bersin, kemudian hidung tersumbat dan batuk-batuk. Selain itu, gejala seperti halnya mata gatal dan berair dan mudah merasa lelah juga dapat menjadi gejala alergi ini.

Walaupun begitu biasanya untuk setiap orang juga mempunyai gejala yang berbeda pada saat terpapar zat yang memicu alergi. Dalam hal ini biasanya gejala yang muncul umumnya memiliki sifat ringan dan sangat mudah untuk ditangani. Akan tetapi tidak jarang gangguan tersebut juga dapat memicu adanya gejala yang lebih parah. Kalau  mengalami gejala yang terasa semakin parah kemudian tidak kunjung membaik, maka sebaiknya Anda segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Sebenarnya terdapat beberapa metode pengobatan yang sering digunakan untuk mengatasi gejala dari rinitis alergi tersebut. Namun biasanya soal pengobatan yang dilakukan juga akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, hal tersebut juga tergantung dari penyebab serta tingkat keparahan alergi yang sedang terjadi. Salah satu metode dasar dan ini sangat sering dilakukan dalam mengatasi masalah ini yaitu dengan  menghindari pemicu alergi atau biasanya disebut sebagai alergan.

Memang yang Namanya rhinitis alergi tersebut tidak bisa disembunyikan, namun mengenai gejala dan serangannya dapat Anda kendalikan dengan menggunakan beberapa cara. Nah berikut ini beberapa cara mengendalikan gejala rinitis alergi yaitu bisa dilakukan dengan cara:

1. Menggunakan obat-obatan
Pertama yaitu Anda bisa menggunakan obat-obatan, salah satu gejala rinitis alergi yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya yaitu seperti antihistamin, dekongestan, atau menggunakan obat-obatan yang tentunya sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Kalau gejala yang muncul tersebut masih tergolong ringan, maka rinitis alergi ini biasanya masih bisa Anda redakan dengan menggunakan obat-obat yang dapat Anda beli di apotek. Namun kalau gejala yang muncul tersebut cukup parah, maka sebaiknya Anda jangan menunda untuk pergi ke rumah sakit dan menemui dokter. Karena dalam hal ini dokter mungkin akan meresepkan obat yang sifatnya tambahan khusus, misalnya yaitu obat semprot hidung yang berguna untuk membantu melawan alergi.

2. Dengan Terapi
Selanjutnya Anda bisa mengatasi rinitis alergi tersebut bisa Anda lakukan dengan cara terapi khusus, yaitu menggunakan imunoterapi atau desensitisasi. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan menyuntikkan alergen ke bagian kulit penderita dalam interval waktu serta dengan dosis tertentu. Tujuannya yaitu berguna untuk menurunkan sensitivitas imun tubuh pada alergen tersebut, artinya sistem imun yang terdapat pada tubuh akan menjadi lebih kuat pada saat sedang  mengalami serangan. Selain suntikan, maka bisa juga pemberian alergen dilakukan dengan bentuk tablet yang diminum.

3. Irigasi Hidung
Selanjutnya mengatasinya dengan melakukan irigasi hidung atau nasal irrigation. Ini merupakan sebuah tindakan yang dilakukan memiliki tujuan berguna untuk membersihkan rongga hidung. Caranya yaitu dengan Anda menyemprotkan atau menyedot cairan khusus dengan melalui hidung, lalu selanjutnya mengeluarkannya melalui mulut.

Nah itulah gejala dan cara mengendalikan rinitis alergi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. 

Tidak ada komentar