Trik Mendapatkan Apartemen Murah dengan Hanya Bantuan HP Kamu

Share:

Banyak hal yang dapat memungkinkan kamu untuk menyewa apartemen. Entah itu karena belum mampu membeli rumah, atau sedang ada kegiatan di luar kota, ataupun sebatas untuk menginap ketika kamu berlibur. Jelasnya, di zaman canggih seperti sekarang ini, kamu sudah dimudahkan dalam berbagai urusan, salah satunya adalah untuk sewa apartemen murah. Cukup dari layar handphone saja kamu sudah bisa memilih apartemen yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Ilustrasi
Trik untuk Mendapatkan Sewa Apartemen Murah Melalui Handphone 
Apartemen menjadi alternatif pilihan yang nyaman karena selain memiliki harga murah, biasanya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan yang bisa memudahkan kamu. Semakin mudah lagi karena kini kamu bisa melakukannya langsung dari handphone, tanpa perlu repot mengunjungi dari satu apartemen ke apartemen lainnya. Sehingga selain mudah, hal ini juga akan menjadikan waktu kamu lebih efektif dan efisien. Lalu, apa saja trik untuk mendapatkan sewa apartemen rumah melalui handphone? Berikut adalah jawabannya:

1. Mencari tahu detail apartemen yang akan disewa
Saat ini sudah banyak situs online yang menyediakan berbagai pilihan apartemen yang bisa kamu sewa. Bahkan kamu juga bisa mengunduh dalam versi aplikasi di Play Store. Hal ini tentu memudahkan kamu dalam mencari apartemen yang bisa kamu sewa karena tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya perjalanan. Kamu hanya cukup memilih dari layar handphone saja.

Tentunya, situs-situs ini juga terpercaya dan memiliki detail pada setiap pilihan. Jadi, kamu bisa melihat detail setiap apartemen terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan yang mana pilihan kamu. Pada setiap pilihan, biasanya sudah tertera harga, fasilitas yang dimiliki, luas bangunan, jumlah kamar tidur, dan jumlah kamar mandi. Dan juga, biasanya sudah terpasang gambar apartemen sehingga kamu juga bisa melihat bagaimana penampilan apartemen yang kamu sukai.

2. Membandingkan harga yang satu dengan yang lain
Antara satu situs dengan situs yang lain, mungkin saja sama-sama memiliki fungsi untuk menjual dan menyewakan apartemen. Namun, biasanya masing-masing situs memiliki daftar pilihan yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Jadi, ketika misalnya kamu ingin menyewa apartemen di Bandung, sebaiknya kamu tidak hanya mengunjungi satu situs saja. Kamu dapat membuka berbagai situs lain yang juga menyewakan apartemen di daerah Bandung. Lalu, kamu dapat mulai membandingkan bagaimana detail dan harga yang dimiliki satu sama lain. Pilih harga yang sekiranya paling sesuai dengan kondisi keuangan kamu. 

3. Menghubungi pemilik apartemen untuk informasi lebih lengkap
Kemudahan memilih apartemen secara online memang sangat membantu. Tapi, tentu saja bukan berarti jawaban kamu sudah sepenuhnya tertera pada daftar pilihan yang tersedia. Ada kalanya, kamu ingin menanyakan hal lebih detail sebelum benar-benar memutuskan memilih sebuah apartemen untuk disewa. Jangan khawatir, biasanya pada setiap situs memiliki nomor yang bisa dihubungi baik itu melalui telepon, whatsapp, instagram, facebook, twitter, path, dan media sosial lainnya.

Kenyamanan ketika tinggal di apartemen adalah hal yang sangat utama. Karenanya, menghubungi pemilik apartemen untuk mendapatkan informasi lebih lengkap sangat disarankan. Hal-hal yang biasanya ditanyakan adalah seputar kelengkapan dokumen, keamanan lokasi apartemen, akses transportasi, dan fasilitas yang tersedia.

4. Mencari promo atau diskon
Salah satu keuntungan dari online shop adalah biasanya memiliki promo atau diskon, tidak terkecuali dengan penyewaan apartemen. Kamu bisa mencoba mencari tahu apakah apartemen yang kamu inginkan sedang ada promo atau tidak. Kalaupun tidak, kamu bisa mencoba menghubungi pemilik apartemen secara langsung untuk bernegosiasi. Tidak ada salahnya kamu mencoba menawar, asalkan masih dalam rentang harga yang masuk akal.

5. Mengurutkan filter dari harga termurah ke termahal
Salah satu dari beragam trik yang bisa kamu lakukan melalui handphone untuk mendapatkan harga sewa apartemen murah seperti disini adalah melakukan filter atau penyaringan harga. Biasanya pada setiap situs terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk lebih mengerucutkan hasil apartemen yang kamu inginkan. Pada opsi harga, kamu bisa memilih untuk mengurutkan harga dari termurah ke termahal. Sehingga darisitu akan muncul berbagai pilihan apartemen dengan harga sewa yang paling murah terlebih dahulu. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk memilih apartemen yang bisa disewa dengan harga murah.  

Tips yang Bisa Kamu Lakukan setelah Memilih Apartemen

Ketika akhirnya kamu sudah bisa menentukan apartemen mana yang akan disewa, bukan berarti tugas kamu sepenuhnya selesai. Tentu kamu ingin benar-benar nyaman ketika tinggal di apartemen. Karenanya, selain mengetahui berbagai detail tentang apartemen yang telah dipilih, ada baiknya setelah itu kamu juga melakukan survey secara langsung untuk benar-benar memastikan bahwa kamu tidak salah pilih. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan setelah memilih apartemen yang akan disewa:
Ilustrasi
1. Memastikan semua fungsi perlengkapan dan peralatan berfungsi baik
Berdasarkan informasi di situs yang kamu baca melalui handphone, mungkin fasilitas yang dimiliki apartemen pilihan kamu sudah lengkap dan memadai. Namun, apakah kamu bisa memastikan bahwa semua fasilitas itu masih berfungsi baik? Tentu tidak. Karenanya, kamu perlu mengunjungi apartemen pilihan kamu secara langsung untuk memastikan semua fungsi perlengkapan dan peralatannya masih berfungsi baik. Periksa stop kontak listrik, switch lampu, juga kran dan shower. Hal ini sangat penting untuk memantapkan hati kamu sebelum benar-benar resmi menyewa sebuah apartemen. Dan tentunya supaya kamu terhindar dari kerugian berupa baru mengetahui kerusakan setelah resmi menyewa apartemen. 

2. Melakukan interaksi dengan tetangga
Mungkin saja review yang kamu baca secara online memiliki testimony yang positif. Tapi apakah kamu bisa percaya sepenuhnya? Apartemen biasanya dibangun secara berdekatan satu sama lain. Jadi, dalam suatu kawasan apartemen dapat terdiri beberapa apartemen berikut penghuninya. Sehingga nantinya kamu akan memiliki para tetangga yang tinggal berdekatan dengan apartemen kamu. Nah, sebagai calon penghuni apartemen, tidak ada salahnya untuk mencoba mengetuk pintu dan mengenalkan diri kamu. Hal ini sebagai langkah awal untuk menjalin keakraban. Dan juga, kamu bisa coba bertanya kepada mereka tentang bagaimana kondisi apartemen. Karena biasanya, orang yang sudah lebih dulu menempati apartemen sudah mengetahui segala sisi baik maupun buruk tentang apartemen yang mereka tempati. Dari sini kamu jadi akan mengetahui lebih detail lagi mengenai apartemen yang akan kamu tinggali. 

3. Memahami isi kontrak
Sebelum kamu resmi menempati apartemen yang disewa, biasanya akan ada kesepakatan kontrak terlebih dahulu. Kontrak berisi kesepakatan antara pihak penyewa dan yang menyewakan. Beberapa kesepakatan yang harus ada misalnya jumlah ciciran yang harus dibayarkan, biaya maintenance, fasilitas yang dimiliki, kondisi apartemen saat ini, dan daftar kerusakan yang dimiliki. Karenanya, kamu harus benar-benar menandatangani surat kontrak.

Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika hendak mencari apartemen murah. Banyak tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan apartemen yang bisa disewa dengan harga murah, hanya dengan melalui handphone. Tentu saja, langkah paling penting adalah pastikan handphone kamu memiliki kuota yang cukup dan sinyal yang bagus supaya kamu bisa dengan mudah menentukan apartemen mana yang akan kamu pilih untuk disewa. 

Tidak ada komentar