Mengetahui Cara Kerja Rem ABS Pada Motor Yamaha

Share:

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya mengenai apa dan bagaimana rem ABS pada motor yamaha bekerja. Dimana pertanyaan tersebut merupakan salah satu pertanyaan yang palling banyak di tanyakan oleh para pengguna motor. karena memang mungkin selama ini kebanyakan dari kalian hanya menggunakan tanpa mengetahui mengenai maksud dan cara kerjanya.

Perlu kalian tahu ABS atau anti lock braking system merupakan sebuah system pengereman yang terdapat pada motor yamaha agar tidak terjadi penguncian roda di saat ada pengereman mendadak. Tahukah kalian bahwa system penngereman ABS ini sebelum digunakan pada motor terlebih dahulu di gunakan pada pesawat terbang. Seperti yang kita tahu bahwa rem merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan.

Karena selama ini banyak sekali pengendara yang mengalami kecelakaan yangdiakibatkan oleh rem pada kendaraan. Oleh sebab itu penggunaan rem ABS menjadi salah satu solusi untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada pengendara. Itu tadi pengertian mengenai system pengereman ABS, untuk selanjutnya penting sekali kalian mengetahui mengenai cara kerjanya.

Cara Kerja Rem ABS Pada Motor Yamaha
Cara Kerja Rem ABS Pada Motor Yamaha
Untuk mengetahui cara kerjanya sendiri maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu mengenai komponen yang terdapat pada system pengereman ini. pertama yaitu adalah sensor kecepatan, dimana sensor ini berguna untuk membaca kecepatan pada putara roda kendaraan. Karena berguna untuk membaca kecepatan putaran roda maka sensor ini akan di pasang pada setiap roda. 

Kedua yaitu katup pengereman, dimana katup pengereman ini terdapat pada jalur minyak rem. Perlu kalian tahu bahwa paling tidak terdapat tiga katup rem di ABS, pertama yaitu berada di katup posisi terbuka penuh. Hal tersebut berguna untuk mengatur tekanan rem agar tekanan minyak rem bisa maksimal dan akan langsung bisa di sambungkan dengan rem. 

Katup posisi dua yaitu berguna untuk menghalangi tekanan minyak rem sedangkan katup ketiga berguna untuk menghalangi tekanan minyak rem. Komponen rem ABS yang ketiga yaitu adalah pompa dimana pompa ini berfungsi untuk mengembalikan tekanan di jalur pengereman sehingga bisa di salurkan ke katup rem. Komponen yang keempat yaiitu adalah kontroler ABS yang berguna untuk mengendalikan katup unntuk mengolah sensor data.

Itu tadi beberapa komponen yang di miliki oleh system pengereman ABS yang terdapat pada motor yamaha. Tentunya dengan adanya system pengereman ABS maka akan berguna untuk membuat kegiatan berkendara anda menjadi lebih menyenangkan. Selain itu perlu kalian tahu bahwa terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh system pengereman ABS yang terdapat pada motor yamaha.

Rem ABS Pada Motor Yamaha
Rem ABS Pada Motor Yamaha
Antara lain yaitu  pertama, perlu kalian tahu bahwa dengan menggunakan system pengereman ABS maka akan berguna untuk membuat system pengereman menjadi lebih cepat di bandingkan rem biasa. Sehingga kalian bisa melakukan pengereman secara  mendadak tanpa kawatir terjadi penguncian pada rem. Kedua, ketika kalian melakukan pengereman secara mendadak tetapi motor kalian akna tetap berada dalam keadaan stabil.

Kelebihan yang ketiga yaitu adalah system pengereman ABS ini sangat cocok untuk di gunakan pada jalanan yang basah atau juga jalanan berpasir. Karena dengan komponen yang canggih akan membantu kalian  untuk menerjang segala medan. Tentunya dengan menggunakan motor yamaha yang dilengkapi dengan system pengereman ABS maka kegiatan berkendara kalian akan menjadi lebih menyenangkan.

Demikian itu tadi beberapa informasi mengenai system pengereman ABS yang terdapat pada motor yamaha.

Tidak ada komentar