Mengenal Cohort Analysis

Share:


Seiring perkembangan startup dalam dunia ekonomi, jumlah pelanggan dapat diketahui melalui aplikasi tertentu, Cohort analysis. Cohort analysis merupakan suatu analisa perilaku user, subscriber atau customer yang fokus pada kumpulan data dari Platform seperti: EMRS, E-Commers, Game Online atau aplikasi web. Berdasarkan pengertian cohort analysis ini, berarti anda dapat menggunakannya untuk memecahnya sebagai unit analisis. Tools ini dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat retensi pelanggan. Jika menggunakan perangkat ini, anda dapat melihat jumlah pengguna yang berhasil mengakuisisi menggunakan produk atau tidak.

Cohort analysis memiliki manfaat untuk perusahaan agar dapat melihat pola-pola perilaku para user, customer atau subscriber di perkiraan seluruh siklus hidup pelanggan (Customer Time Live Value). Selanjutnya, anda dapat menggunakannya untuk memisahkan metrik pertumbuhan (growth) dari user engagement atau metrik keterlibatan. Anda juga dapat menggunakan analisis ini untuk mengetahui keterlibatan pengguna lebih baik dari waktu ke waktu atau hanya meningkat karena pertumbuhan. 

Pentingnya Cohort analysis untuk Bisnis Anda

Setelah anda mengetahui pegertian cohort analysis untuk kepentingan bisnis. Anda perlu memperhatikan perkembangan aktivitas bisnis anda agar lebih berkualitas. Berdirinya startup memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau layanan yang anda miliki. Untuk mendapatkan keuntungan, anda tentunya tidak bisa mengabaikan siklus pelanggan (customer lifetime value). Pada siklus pelanggan ini terdiri dari pengembangan pelanggan, retensi, atau akuisisi. 

- Pentingnya cohort analysis dapat digunakan untuk meramu strategi customer relationship management berdasarkan data-data analisis user yang disajikan. 

- Mengembangkan penggunakan menjadi pelanggan tetap melalui monitoring dan tolok ukur yang jelas, apakah produk dan usaha anda benar-benar efektif. 

- Cohort analysis dapat dijadikan acuan melihat nilai-nilai suatu produk dan layanan perusahaan. 

Tipe-Tipe Cohort analysis

Berbekal data-data yang disuguhkan oleh sistem ini, anda juga dapat melihat fitur lain untuk analisis kualitas pelayanan dan produk anda menjadi lebih baik. Berdasarkan pengertian cohort analysis, anda dapat menggunakan beragam tipenya, yakni:

Behavioral Cohort

Tipe ini mengumpulkan kelompok pengguna berdasarkan perilaku user. Analisis ini menyuguhkan berapa banyak pengguna yang melakukan registrasi, menekan tombol play, memutar produk secara berulang, dan aktivitas lainnya. Data-data ini anda dapat temukan menggunakan behavioral cohort. Contohnya: perusahaan melakukan penawaran penjualan kepada 200 calon customer. Anda dapat melihat user yang akan membeli produk pada hari 0 atau dapat melihat keterlambatan keputusan user dari hari ke 2 atau ke 3.

Acquisition Cohort

Pada fitur analisis ini, anda dapat melihat sekumpulan pengguna mulai menggunakan produk anda hingga berapa lama mereka menggunakan produk atau layanan tersebut. Acquisition dapat anda gunakan untuk melacak data secara harian, mingguan, bulanan atau tahunan.

Specific Customer Behavior

Pada sistem ini digunakan untuk mengetahui perilaku sekolompok user yang berbeda. hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memecah seluruh user menjadi suatu kelompok untuk analisis pengguna awal dari mulai pemasangan aplikasi, pencopotan aplikasi, hingga jumlah penagihan atau transaksi. 

Cohort analysis memungkinkan anda untuk melihat alasan para pelanggan, mengapa melakukan pemasangan atau pencopotan aplikasi. Hasil dari analisis ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara sistematis. Data-data tersebut dapat digunakan analisis memadahi tentang langkah selanjutnya yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil kebijakan. Sehingga, pihak perusahaan dapat mengembangkan bisnis secara berkualitas. Anda perlu mencoba cohort analysis ini agar usaha anda dapat menjangkau konsumen sesuai target anda. 


Tidak ada komentar